Oli Terbaik di Indonesia, Federal Matic 2x Revolusi Dingin

Motor menjadi kendaraan primadona di tanah air. Coba saja anda lihat di jalan raya yang macet, pasti motor selalu mendominasi, itulah mengapa perusahaan produsen otomotif khususnya motor pasti memasukkan Indonesia sebagai pangsa pasar terbesar mereka.

Keberadaan sepeda motor dengan jumlah besar di Indonesia juga secara otomatis membutuhkan Oli dalam jumlah yang tak sedikit pula. Akibatnya banyak oli beredar di pasaran dengan kualitas yang berbeda. Sayangnya, banyak pengguna motor yang tak memahami oli motor yang baik seperti apa. Nah bagi kamu yang ingin tahu mana oli motor terbaik, inilah jawabanya:

  • Jenis Oli Semi Synthetic, atau Synthetic.

Oli semi syntheyic merupakan jenis oli yang terbuat dari campuran zat kimia yaitu PAO (Poly Alpha Olefin). Oli jenis ini dapat menembuh jarak hingga 10.000 km, sehingga sangat cocok untuk motor di Indonesia yang mana digunakan dalam keseharian dan menempuh jarak yang jauh.

Selain itu Oli jenis ini juga memiliki beberapa keunggulan diantaranya; lebih stabil pada suhu yang dapat mengurangi penguapan, dapat mencegah endapan karbon yang biasa terjadi pada mesin, memperlancar sirkulasi pada cuaca dingin, dapat mencegah terjadinya  gesekan antar logam yang menjadi penyebab rusaknya mesin, lebih tahan lama karena tahan terhadap oksidasi, dan dapat membersihkan mesin dari kerak karena kandungan deterjen yang ada pada oli jenis ini.

Sayangnya jenis Ol semi syntthetic masih cukup jarang di Indonesia. Harganya juga lumayan mahal, nah pengganti oli yang cukup baik adalah Syntethic. Terutama untuk oli motor matic, oli syntenthic bisa jadi pilihan tepat.

  • Oli dengan Index Viskositas (IV)di atas 160

Index Viskositas merupakan ukuran kemampuan suatu oli mesin dalam menjaga kestabilan kekentalan oli mesin dalam rentang suhu dingin sampai tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi IV semakin baik kestabilan kekentalannya.  Oli dengan index viskositas di atas 160 sangat cocok untuk motor di Indonesia yang memiliki iklim tropis, karena pada viskositas jenis ini memilki stabilitas yang lebih baik. Pada tingkatan Index Viskositas ini lubricant sangat baik dantahan terhadap perubahan temperature. Tingkat kekentalan suatu oli mengacu pada lembaga SAE (Society Of Automotive Engineers). Terdapat sekitar 30 jenis kekentalan SAE, salah satunya kode SAE 30 yang menunjukkan oli tersebut mempunyai tingkat kekentalan (Viskositas) 30 menurut standart SAE. Namun harus diingat pula bahwa penggunaan oli yang berdasarkan tingkat kekentalan ini harus berdasarkan pada panduan masing-masing motor anda.

  • Oli yang Dapat Memperhalus Suara Mesin Motor

Kecocokan oli untuk motor yang pertama akan dibahas adalah halusnya suara mesin motor sebagai tanda cocoknya oli yang digunakan pada motor. Penggantian oli yang biasa dilakukan orang Indonesia adalah ketika mereka merasakan motor yang dikendarai memiliki suara bising alias kasar. Apabila motor sudah mengalami hal tersebut maka pada saat itulah umumnya orang Indonesia mengganti oli motor dengan yang baru.

Seperti diketahui bahwa salah satu fungsi oli sendiri adalah mengurangi gesekan antar komponen mesin motor, gesekan tersebutlah yang akhirnya menyebabkan suara bising pada motor. Sehingga untuk memperhalus suara motor diperlukan oli sebagai lapisan yang meminimalisir terjadinya gesekan pada komponen mesin motor.

Memang pilihan oli ada beragam, salah satu merek yang cukup baik adalah federal matic, khususnya bagi anda pemilik motor matic. Federal matic menjamin performa 2x lebih efektif, 2x lebih kencang, 2x lebih bandel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *